Artikel Membangun Manajemen Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Demi Indonesia Maju

Membangun Manajemen Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Demi Indonesia Maju

  Indonesia yang saat ini sedang masih terus berkembang agar tidak tertinggal jauh oleh negara lain, tentunya sangat merindukan apa yang namanya sumberdaya manusia yang berkualitas. Lalu bagaimanakah sumberdaya manusia yang berkualitas itu?, cukupkah hanya berkualitas saja? Secara umum, Sumber daya manusia yang berkualitas adalah SDM yang komperhensip dalam berfikir dan selalu mengantisipasi tuntutan di masa depan, memiliki sikap positif, berperilaku terpuji, dan berwawasan, serta memiliki kemampuan, keterampilan , dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan diberbagai bidang serta sektor pembangunan.

Pembangunan sumber daya manusia memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan manusia Indonesia yang maju dan mandiri sehingga mampu berdaya saing dalam era globalisasi. Di samping itu, penataan persebaran dan mobilitas penduduk diarahkan menuju persebaran penduduk yang lebih seimbang sesuai dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan melalui pemerataan pembangunan ekonomi dan wilayah dengan memerhatikan keragaman etnis dan budaya serta pembangunan berkelanjutan.

Pembangunan pendidikan dan kesehatan merupakan investasi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga penting perannya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran. Pembangunan pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mendukung terwujudnya masyarakat yang berharkat, bermartabat, berakhlak mulia, dan menghargai keberagaman sehingga mampu bersaing dalam era global dengan tetap berlandaskan pada norma kehidupan masyarakat Indonesia dan tanpa diskriminasi. Komitmen pemerintah terhadap pendidikan harus tercermin pada kualitas sumber daya manusia, peningkatan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta politik anggaran dan terintegrasinya seluruh pendidikan kedinasan ke dalam perguruan tinggi. Pelayanan pendidikan yang mencakup semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_manusia (diakses pada 29 November 2019, pukul 19 : 00)

https://geoenviron.wordpress.com/2011/12/27/membangun-sumberdaya-manusia-sdm-yang-berkualitas-dan-berwawasan-lingkungan/ (diakses pada 29 November 2019, pukul 19 : 29)

http://ferryariyantow.blogspot.com/2012/10/sumber-daya-manusia-yang-berkualitas.html (diakses pada 29 November 2019, pukul 19 : 00)

Tinggalkan komentar